Debat Kelima Pilpres 2024 Angkat Tema Inklusi, Ganjar dan Anies Pamer Bahasa Isyarat

| 04 Feb 2024 21:14
Debat Kelima Pilpres 2024 Angkat Tema Inklusi, Ganjar dan Anies Pamer Bahasa Isyarat
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD berpose usai tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. (Antara)

ERA.id - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, kompak memamerkan bahasa isyarat saat mengikuti debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang digelar di Jakarta Conventiom Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

Adapun tema debat kelima Pilpres 2024 adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Awalnya, pasangan capres dan cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperagakan gerakan bahasa isyarat huruf 'S' dan 'T'. Gesture itu diperlihatkan di awal debat.

Gerakan itu mengartikan kata Sat Set dan Tas Tes, yang merupakan slogan dari paslon nomor urut tiga.

Memasuki segmen pertama, giliran capres nomor urut satu, Anies Baswedan, menggunakan bahasa isyarat sebelum memulai pemaparan visi misi dan program kerjanya.

Anies menunjukan gesture menunjuk jam tangan lalu memutarkan kedua tangannya searah jarum jam. Adapun arti dari bahasa isyarat itu adalah saatnya perubahan.

Terpisah, Jubir Timnas AMIN, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, hal itu menunjukan hanya Anies calon pemimpin yang peduli pada kelompok disabilitas.

"Itu menunjukkan bahwa yang paham disabilitas dan empati sama mereka hanya Anies," kata Ramli.

Rekomendasi