Kunjungi Keuskupan Bogor, Ganjar Lihat Foto Sukarno

| 10 Feb 2024 10:30
Kunjungi Keuskupan Bogor, Ganjar Lihat Foto Sukarno
Ganjar Pranowo di Keuskupan Bogor. (Istimewa)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Pusat Pastoral Keuskupan Bogor yang berada di Jalan Kapten Muslihat, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (09/02/2024). 

Dalam kunjungannya, mantan Gubernur Jawa Tengah ini melihat-lihat gereja katedral tertua di Kota Bogor. 

Ganjar pun melihat foto Presiden pertama yaitu Sukarno sedang bersama Paskalis Keuskupan Bogor pertama. 

"Saya biasanya kalau keliling dan memang ada waktu, bisa bertemu dengan tokoh. Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan hari ini ke Keuskupan di Bogor," ujar Ganjar kepada wartawan. 

"Ketika kemarin keliling di Indonesia dengan Pak Mahfud juga, bersama berkunjung ke banyak tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat juga. Antara lain Keuskupa," sambung ganjar. 

Menurut Ganjar, para pendeta dari Sabang sampai Merauke masuk ke wilayah-wilayah yang bukan core business-nya, seperti kesehatan dan pendidikan. Karena itulah bisa terjalin silaturahmi antar anak bangsa.

Sehingga, Indonesia menjadi asik, menarik, tidak gampang marah, tidak gampang tersinggung, dan saling tahu. 

"Karena kalau saling tahu biasanya toleran. Orangnya akan menjadi moderat," ucap Ganjar. 

Disinggung soal adanya fotonya Sukarno, Ganjar menyebut  ternyata Bung Karno beberapa kali sering ke sini dan berdialog.

"Jadi saya membayangkan kalau dulu mereka berdialog, maka hari ini kita juga berdialog. Sama toh? Sama," tambah Ganjar. 

"Saya kira gambar itu menunjukkan kalau antara tokoh agama dengan tokoh pemerintahan itu, juga menjadi sebuah kekuatan anak bangsa. Kalau dalam keimanan saya, antar ulama dengan umara (pemerintah), bisa bergabung bareng-bareng menyelesaikan persoalan. Pasti akan damai," tutup Ganjar. 

Rekomendasi