Anies Komentari Narasi Satu Putaran dan Intimidasi Jelang Coblosan: Rakyat Lawan dengan Hati Nurani

| 10 Feb 2024 12:40
Anies Komentari Narasi Satu Putaran dan Intimidasi Jelang Coblosan: Rakyat Lawan dengan Hati Nurani
Anies Baswedan saat orasi di JIS, Sabtu (10/2/2024). (Istimewa)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan percaya rakyat tidak akan gentar melawan intimidasi dan penggiringan opini satu putaran dari salah satu pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden 2024. 

Hal tersebut ia sampaikan dalam orasinya saat acara "Kumpul Akbar untuk Perubahan" di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024). 

"Saya meyakini dan percaya bahwa rakyat Indonesia adalah orang-orang yang kuat, orang-orang yang tangguh, dan orang-orang yang baik. Dan rakyat kecil selalu menjadi penjaga ketangguhan republik ini," ujar Anies di tengah puluhan ribu massa pendukungnya yang memadati area JIS sejak Sabtu dini hari.

"Karena itu ketika terdengar kabar bahwa di hari-hari ke depan akan ada operasi-operasi, mulai dari intimidasi, penggiringan opini satu putaran untuk salah satu paslon, saya percaya rakyat Indonesia akan menghadapinya dengan hati nurani, akan melawannya dengan hati nurani," lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu percaya bahwa rakyat Indonesia akan menunjukkan bahwa merekalah yang menentukan arah masa depan bangsa, bukan segelintir "orang di ruang tertutup" yang tak terlihat oleh publik.

"Empat hari lagi bangsa ini akan menentukan arah, kita jarus bekerja keras menyongsong kesempatan untuk perubahan, dan itu artinya menjangkau semua empat hari ke depan, menjaga suara-suara di TPS-TPS," seru Anies.

Dari pantauan ERA, seluruh stadion tampak terisi penuh dan puluhan ribu peserta Kumpul Akbar membeludak hingga memadati seisi lapangan mengelilingi panggung berwarna putih.

Ratusan bendera dan spanduk bertuliskan aspirasi masyarakat dikibarkan di tribun dan lapangan. Salah satunya bertuliskan, "Ora butuh duitmu, butuhe kepemimpinanmu".

Massa pendukung paslon AMIN sudah memadati area luar JIS sejak subuh dengan mayoritas berpakaian putih. Mereka berjalan menuju stadion karena kendaraan dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

"Satukan Jakarta, AMIN-kan Indonesia," kata salah seorang pendukung AMIN menggunakan pengeras suara.

Adapun akses dari arah kawasan Sunter maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi