75 Hari Masa Kampanye Berakhir, Ganjar ke Jokowi: Terima Kasih Hingga Titik Akhir Tidak Ambil Kesempatan

| 10 Feb 2024 21:15
75 Hari Masa Kampanye Berakhir, Ganjar ke Jokowi: Terima Kasih Hingga Titik Akhir Tidak Ambil Kesempatan
Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang menepati janji tidak turun kampanye hingga hari terakhir.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberi waktu 75 hari bagi peserta Pemilu 2024 untuk berkampanye. Masa kampanya dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Terima kasih Pak Jokowi karena sampai dengan titik terakhir beliau tidak memgambil kesempatan itu," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para akademisi hingga kelompok masyarakat yang belakangan lantang mengkritik pemerintah terkait netralitas.

"Terima kasih juga kepada civil society kampus yang sudah mengingatkan, artinya kita masih bisa mendengarkan," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan, dirinya tidak akan berkampanye terbuka untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tertentu. Meskipun, menurut aturan perundang-undangan, tidak ada larangan bagi kepala negara mengkampanyekan paslon tertentu.

Hal itu merespons kabar dirinya bakal turun dalam kampanye akbar pasangan Capres dan Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (10/2).

"Presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk kampanye, dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya," kata Presiden Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2).

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan berkampanye, saya jawab tidak, saya tidak akan berkampanye," tegasnya.

Rekomendasi