Pemilu 2024 Sudah Digelar, Anies Ingatkan Relawan Perjuangan Belum Selesai

| 16 Feb 2024 13:24
Pemilu 2024 Sudah Digelar, Anies Ingatkan Relawan Perjuangan Belum Selesai
Anies Baswedan dan istrinya (Flori Anastasia/ ERA)

ERA.id - Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Indonesia telah melalui Pemilu 2024 dengan berbagai harapan. Ia juga menyinggung selama beberapa waktu belakangan pihaknya dan seluruh pendukung telah berupaya menggaungkan gerakan perubahan

"Selama 1,5 tahun kita menjalankan gerakan perubahan dengan semangat yang membara, menerobos segala tantangan, menghadapi lawan dengan kekuatan yang amat besar. Sungguh suatu capaian luar biasa bahwa kita telah sampai di titik ini," kata Anies dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Jumat (16/2/2024).

Anies mengaku bangga dengan semua pihak yang telah terlibat dalam penyebaran gagasan perubahan. Namun, menurut dia, perjuangan untuk merealisasikan gagasan tersebut masih belum selesai lantaran adanya dugaan kecurangan dalam pelaksanaan pemilu.

"Namun, perjuangan kita belum selesai. Terlepas dari segala kebaikan pemilu dan kerja keras semua pihak yang terlibat di dalamnya, ada begitu banyak kekurangan, yang dirasakan secara terang benderang," ungkap Anies.

Di samping itu, Anies juga mengajak seluruh pihak untuk menghormati proses pemilu dan menghargai demokrasi yang telah sedang bekerja. Dia menyebut, bentuk penghormatan itu bisa dilakukan dengan memastikan setiap suara rakyat tersampaikan dan terhitung dengan akurat.

"Dan yang ketiga, tetap jaga semangat tinggi, jaga optimisme, bahwa gerakan perubahan masih dan akan terus berjalan, dan yakin bahwa Insyallah akan mencapai tujuan panjangnya. Saya pernah sampaikan bahwa optimisme itu harus terus dihidup-hidupkan," jelas dia.

"Mari kita jaga, mari kita terus merawat nurani untuk percaya bahwa kemajuan Indonesia harus terus kita upayakan. Bahkan, ketika pintu perubahan itu seakan terlihat sempit, dalam kesempitan kita harus lihat sebagai kesempatan. Dan saya akan mengulangi kembali apa yang saya sampaikan kemarin, saya akan tetap dan saya akan terus membersamai gerakan perubahan," sambungnya.

Rekomendasi