Tunggu Hasil Resmi KPU, Golkar Percaya Diri Dapat Lebih 100 Kursi di Parlemen

| 19 Feb 2024 12:00
Tunggu Hasil Resmi KPU, Golkar Percaya Diri Dapat Lebih 100 Kursi di Parlemen
Ilustrasi simpatisan Golkar (Antara)

ERA.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman mengatakan, partainya yakin telah mencapai target kursi di DPR. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 dari sejumlah lembaga survei.

Meski begitu, Partai Golkar masih menunggu hasil rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Namun, dia memprediksi, partainya bakal memperoleh lebih dari 100 kursi di parlemen.

"Alhamdulillah, berkat kebersamaan dan kesolidan seluruh pemangku kepentingan partai dari tingkat  kabupaten, provinsi, sampai pusat serta ormas pendiri dan yang didirikan di bawah tangan dingin ketua umum kami, Pak Airlangga, kita sudah mencapai target kursi di atas 100 kursi sambil kita menunggu proses penghitungan resmi dari KPU," kata Maman dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024).

Dia menjelaskan, merujuk dari hasil sigi sejumlah lembaga survei sebelum pileg, suara Partai Golkar tercatat di angka 12-13 persen. Dengan gambaran tersebut, maka partai berlambang pohon beringin itu diperikiran bakal mendapat tambahan kursi sebanyak 2-3 peersen.

Menurutnya, keberhasilan Partai Golkar mendulang suara di Pileg 2024 merupakan faktor kekuatan para calon anggota legislatif (caleg) dan masin partai yang bergerak masif di bawah jelang pemilihan.

"Oleh karena itu, pasca hasil lembaga survei nasional, kami sudah memprediksi bahwa angka 14-15 persen itu adalah angka yang cukup realistis dan sangat bisa diperkirakan," kata Maman.

Berdasarkan hasil hitung cepat dari salah satu lembaga survei, yaitu Indikator Politik Indonesia, Golkar menempati posisi kedua tertinggi dengan perolehan suara 15,22 persen dan diprediksi meningkat perolehan kursinya di Senayan menjadi 93-109 kursi dari sebelumnya pada 2019 sebanyak 85 kursi.

Sedangkan berdasarkan hasil hitung suara legislatif DPR 2024 yang dilansir dari laman pemilu2024.kpu.go.id pada Senin pukul 09.00 WIB, Partai Golkar memperoleh suara sebesar 14,24 persen.

Rekomendasi