Mahfud MD Soroti Kesalahan Sirekap yang Terjadi Berulang: Ndak Karuan

| 22 Feb 2024 21:30
Mahfud MD Soroti Kesalahan Sirekap yang Terjadi Berulang: Ndak Karuan
Mahfud MD. (ERA/Gabriella Thesa)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyoroti berbagai kesalahan yang terjadi pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ia menyebut, kesalahan Sirekap yang terjadi berulang bisa menimbulkan masalah dalam Pemilu 2024.

"Kesalahannya tuh berulang-ulang sampai hari ini dan terjadi di berbagai tempat. Kalau kesalahannya dua atau tiga (tidak masalah), ini puluhan dan bervariasi," kata kata Mahfud di kediamannya, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2024).

"(Kesalahan) digitalnya kan ini bisa menjadi bagian dari masalah pemilu," sambungnya.

Oleh karena itu, Mahfud mengusulkan agar lembaga independen melakukan audit forensik terhadap Sirekap. Audit ini penting dilakukan agar hasilnya lebih objektif. 

"Ini kan digitalnya sampai sekarang masih, Sirekap itu kan masih ndak karuan juga. Katanya sudah diaudit oleh yang berwenang. Kapan diaudit dan dalam bentuk seperti apa auditnya tentu ada spesifikasinya ya," ungkap Mahfud.

"Kalau memang mau objektif ya audit digital forensiknya itu oleh lembaga independen, oleh para ahli komputer, kan sudah banyak tuh korporasi-korporasi yang jago dibidang itu. Perguruan tinggi, kemudian yang profesional di lapangan juga banyak," tambah mantan Menko Polhukam itu.

Rekomendasi