Belum Termasuk Susu, Airlangga Sebut Anggaran Makan Siang Gratis Sekitar Rp15 Ribu

| 26 Feb 2024 16:45
Belum Termasuk Susu, Airlangga Sebut Anggaran Makan Siang Gratis Sekitar Rp15 Ribu
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Dok. Kemenko Perekonomian)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka-bukaan soal besaran anggaran untuk program makan siang gratis, yaitu sekitar Rp15 ribu per anak. Jumlah anggaran itu belum termasuk program susu gratis.

"Per anak kira-kira Rp15 ribu," kata Airlangga dikutip dari Antara, Senin (26/2/2024).

Rencananya, besaran anggaran itu akan diterapkan secara merata di semua wilayah Indonesia. Namun dia tak merinci daerah mana saja yang mendapatkan program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak.

Terkait dengan menu dalam makan siang gratis, Airlangga mengatakan, pemerintah membebaskan masing-masing darah untuk membuat menu dengan jumlah anggaran yang ada.

"(Menunya) itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, tidak menyeragamkan," ujar ketua umum Partai Golkar itu.

Sebagai informasi, program makan siang dan susu gratis dibahas oleh Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta hari ini.

Program makan siang dan susu gratis merupakan usulan dari pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam dokumen visi-misinya, paslon tersebut menjelaskan program makan siang gratis bertujuan untuk mengatasi masalah stunting dan bakal menyasar siswa pra-sekolah, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan pesantren.

Bantuan gizi juga akan diberikan kepada ibu hamil dan balita di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan membantu ekonomi keluarga.

Program tersebut menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100 persen pada tahun 2029.

Rekomendasi