Ketimbang jadi Gubernur, Bamsoet Sebut RK Cocok Jadi Menteri PUPR

| 08 Mar 2024 22:00
Ketimbang jadi Gubernur, Bamsoet Sebut RK Cocok Jadi Menteri PUPR
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo. (Era.id)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet beda pandangan dengan partainya soal karir politik mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Menurutnya, ketimbang kembali maju sebagai gubernur di Jawa Barat maupun DKI Jakarta, Ridwan Kamil lebih cocok menduduki posisi menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) di kabinet selanjutnya.

"Kalau saya sih inginnya Pak RK jadi menteri. Bagus kok, dan yang cocok itu menteri PUPR," kata Bamsoet kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Meski begitu, dia tak mau terlalu mendorong RK maju sebagai menteri. Keputusan diserahkan kembali kepada RK.

"Tergantung keinginan Pak RK saja," ucapnya

Sebelumnya, Partai Golkar mengadu dua nama untuk memperebutkan tiket maju ke pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta mendatang. Dua nama tersebut yaitu Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Ketua Umum Golkar Ridwan Kamil.

"Dua-duanya memiliki potensi yang sama untuk dicalonkan menjadi kandidat gubernur DKI Jakarta. Hanya saja, pada akhirnya harus memilih satu (nama)," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Dia menjelaskan, Partai Golkar memiliki mekanisme untuk menentukan siapa yang dicalonkan secara resmi pada pilkada mendatang, termasuk di wilayah DKI Jakarta. Salah satunya yaitu melihat elektabilitas sosok yang dinilai berpotensi maju sebagai gubernur.

Oleh karena itu, Partai Golkar memberi keleluasaan kepada Zaki dan Ridwan Kamil untuk meraih elektabilitas tinggi, agar memperoleh tiket maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

"Golkar memberikan keleluasaan kepada keduanya untuk terus menaikkan elektabilitas masing-masing di antara mereka. Setelah itu, Golkar akan melakukan survei terhadap dua nama tersebut," kata Ace.

Rekomendasi