Kemenag Bagikan 34.000 Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin ke 34 Provinsi

| 13 Mar 2024 01:00
Kemenag Bagikan 34.000 Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin ke 34 Provinsi
Distribusi Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin ke berbagai provinsi di Indonesia. (Dok. Kemenag)

ERA.id - Kementerian Agama menyalurkan 34.000 eksemplar Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin ke 34 provinsi di Indonesia untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap kitab suci.

"Nantinya, Kanwil Kemenag Provinsi yang akan mendistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Kepala Unit Percetakan Al Quran (UPQ) Kemenag Jamaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (12/3/2024), dikutip dari Antara.

Jamaluddin mengatakan jumlah tersebut terdiri atas 17.000 Mushaf Al-Qur'an dan 17.000 Surat Yasin. Paket Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin dikirim dari UPQ ke masing-masing provinsi pada 11 Maret 2024. Setiap provinsi menerima 500 Mushaf Al-Qur'an dan 500 Surat Yasin.

Jamaluddin juga berpesan agar penempatan dan penyimpanan Al-Qur'an diperhatikan dengan baik.

Sesuai petunjuk teknis bantuan dan pendistribusian produk unit percetakan Al-Qur'an, penyimpanan Al-Qur'an dianjurkan di tempat yang bersih dan suci, serta ditempatkan di posisi paling atas dengan jarak minimal 30 cm dari permukaan tanah.

"Pemindahan Al-Qur'an dari gudang penyimpanan ke lokasi lain juga harus mematuhi aturan syar’i, di mana dilarang untuk membanting dan merusaknya," kata Jamaluddin.

Ia juga berharap sesampainya di Kanwil Kemenag Provinsi, Mushaf Al-Qur'an dan Surat Yasin bisa segera didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Menurutnya, ketersediaan Mushaf Al-Qur'an sangat penting dalam meningkatkan literasi di masyarakat.

"Kami melihat bahwa jumlah ketersediaan mushaf Al-Qur'an berpengaruh pada tingkat literasi Al-Qur'an. Wilayah dengan jumlah mushaf yang cukup cenderung memiliki persentase buta huruf Al-Qur'an yang lebih rendah," katanya.

Rekomendasi