Kompak dengan Gerindra, PAN Siap Dukung Erina Gudono Maju Cabup Sleman

| 14 Mar 2024 16:11
Kompak dengan Gerindra, PAN Siap Dukung Erina Gudono Maju Cabup Sleman
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: Instagram/@kaesangp)

ERA.id - Partai Amanat Persatuan (PAN) siap mendukung menantu Presiden Joko Widodo yaitu Erina Gudono jika serius maju sebagai calon bupati (cabup) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Partai berlambang matahari itu bakal satu gerbong koalisi lagi dengan Gerindra.

"Jika (Erina) berkenan dan niat maju (cabup Sleman), kemungkinan besar PAN akan mendukung sebagai partai pengusung dalam satu koalisi dengan partai politik lainnya," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, dikutip Kamis (14/3/2024).

Walaupun belum memiliki pengalaman berpolitik, Viva meyakini Erina sudah akrab dengan dunia politik.

Selain merupakan menantu orang nomor satu di Indonesia, Erina belakangan kerap mendampingi suaminya yaitu Kaesang Pangarep yang merupakan ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Jadi, kalau soal politik tentu menjadi menu keseharian dari mbak Erina. Ayo maju mbak," kata Viva.

Sebelumnya, dikutip dari VOI.id, kakak ipar Erina yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tak tahu mengenai masuknya nama istri adik bungsunya Kaesang Pangarep, yakni Erina Gudono dalam penjaringan calon bupati (cabup) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilakukan Partai Gerindra Sleman.

"Tanya Gerindra. Saya tidak tahu (alasannya),” ujar Gibran datar saat ditanya awak media di Balai Kota Solo, Rabu (13/3).

Putra sulung Presiden Jokowi itu juga tidak memberikan tanggapan atas masuknya nama Erina Gudono dalam penjaringan cabup Sleman.

Dia meminta awak media untuk menanyakannya langsung kepada warga Sleman mengenai peluang adik iparnya itu maju pada Pilbup Sleman.

“Tanya warga Sleman, wis” ucapnya.

Saat ditanya apakah ada restu dari keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia menegaskan tidak berhak ikut campur dalam urusan tersebut.

“Tanya Kaesang. Saya tidak berhak untuk ikut campur nggih,” kata Gibran.

Sebagai informasi, Partai Gerindra Sleman memprakarsai nama Erina Gudono masuk dalam nama-nama kandidat yang akan maju di Pilkada Sleman 2024. Munculnya nama Erina Gudono ini merupakan usulan dari internal Partai Gerindra.

Selain Erina Gudono, kader internal Partai Gerindra juga masuk dalam bursa. Seperti Ketua DPC Partai Gerindra Sleman, HR Sukaptana juga ada Danang Wicaksana, dan Lisman Puja Kusuma.

Rekomendasi