Beda dengan PAN, Demokrat Belum Kepikiran Usung Erina Gudono Jadi Cabup Sleman

| 15 Mar 2024 04:46
Beda dengan PAN, Demokrat Belum Kepikiran Usung Erina Gudono Jadi Cabup Sleman
Ketua BPOPKK Herman Khaeron. (Antara)

ERA.id - Partai Demokrat belum terpikiran mengusung menantu Presiden Joko Widodo, Erina Gudono sebagai calon bupati (cabup) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotan dan Kaderisasi (BPOPKK) Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan, pihaknya masih fokus mengawal penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami masih fokus mengawal perhitungan suara. Nanti pada waktunya kami berbicara soal pilkada," kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2024).

Disinggung soal anggapan Presiden Jokowi melanggengkan dinasti politik dengan wacana Erina diusulkan sebagai calon kepala daerah, Partai Demokrat tak mau ikut-ikutan mempersoalkannya.

Menurut Herman, setiap warga negara Indonesia memiliki hak memilih maupun dipilih yang sama, tak terkecuali dengan Erina.

"Hak dipilih dan memilih itu berlaku untuk siapapun. Oleh karenanya itu berlaku di anak presiden, menantu presiden, rakyat biasa, sama saja haknya," katanya.

Lagipula, tidak ada aturan yang melarang anak atau menantu seorang presiden tak boleh mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Soal terpilih atau tidaknya dengan membawa nama besar keluarga, hal itu tergantung pada pilihan rakyat.

"Karena punya hak yang sama, ya pada akhirnya yang menentukan kan suara rakyat," kata Herman.

"Suara rakyat itu suara Tuhan, nanti rakyat yang menentukan. Kalau rakyat menginginkan beliau, ya terpilih. Kalau rakyat tidak menginginkan beliau, kan tidak terpilih," imbuhnya.

Sikap Partai Demokrat ini berbeda dengan rekan sekoalsinya di Koalisi Indonesia Maju yaitu Partai Amanat Nasional (PAN).

PAN justru bersedia menjadi partai pengusung Erina apabila istri Ketua Umum PSI yang juga putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep itu serius mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

"Jika (Erina) berkenan dan niat maju (cabup Sleman), kemungkinan besar PAN akan mendukung sebagai partai pengusung dalam satu koalisi dengan partai politik lainnya," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan.

Sebagai informasi, Partai Gerindra Sleman memprakarsai nama Erina Gudono masuk dalam nama-nama kandidat yang akan maju di Pilkada Sleman 2024. Munculnya nama Erina Gudono ini merupakan usulan dari internal Partai Gerindra.

Selain Erina Gudono, kader internal Partai Gerindra juga masuk dalam bursa. Seperti Ketua DPC Partai Gerindra Sleman, HR Sukaptana juga ada Danang Wicaksana, dan Lisman Puja Kusuma.

Rekomendasi