Soal Situasi Pasca Pemilu 2024, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto: Secara Umum Relatif Kondusif dan Aman

| 15 Mar 2024 15:40
Soal Situasi Pasca Pemilu 2024, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto: Secara Umum Relatif Kondusif dan Aman
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto. (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto mengungkap perkembangan situasi pasca-pemilu 2024. Dia menyebut, secara umum, kondisi saat ini kondusif dan aman.

Hal itu Hadi sampaikan usai melakukan rapat bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Staf Presiden (KSP), dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan itu membahas situasi terkini setelah pelaksanaan Pemilu 2024.

"Sesuai dengan informasi dan dari hasil pembahasan rapat koordinasi, secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali," kata Hadi dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Hadi mengatakan, hingga kini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan. Dia memastikan pemerintah bakal terus memantau setiap proses yang berjalan.

"Kita terus memantau tahapan pemilu, yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU," jelas dia.

Hadi juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga situasi tetap kondusif. Menurutnya, keberhasilan penyelenggaran Pemilu merupakan kerja sama pemerintah dan seluruh warga.

"Untuk itu kita bersama-sama hendaknya mengamankan proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," ungkap Hadi.

"Saudara-saudara sekalian, pemerintah, terus memantau perkembangan situasi, mengawal, serta memastikan setiap tahapan pemilu berjalan aman, damai, dan berkualitas. Karena keberhasilan, penyelenggaran pemilu adalah keberhasilan kita semua dan pemilu merupakan harga diri bangsa Indonesia," sambungnya.

Rekomendasi