Eks Danjen Kopassus Sunarko Demo di KPU: Sutradara Kecurangan Pemilu Adalah Jokowi

| 18 Mar 2024 15:40
Eks Danjen Kopassus Sunarko Demo di KPU: Sutradara Kecurangan Pemilu Adalah Jokowi
Mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Sunarko. (ERA.id/Sachril).

ERA.id - Mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Sunarko ikut berunjuk rasa bersama sejumlah massa terkait kecurangan Pemilu 2024 di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (18/3/2024).

Sunarko memakai baju Forum Purnawirawan Pejuang Indonesia (FPPI). Tak diketahui apakah dia nantinya akan berorasi atau tidak. Saat ditemui, purnawirawan TNI ini sedang berdiri di samping mobil komando. 

Sejumlah spanduk bertuliskan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun dari jabatannya dibentangkan massa.

Mantan Danjen Kopassus ini lalu menyebut dirinya ikut berunjuk rasa karena merasa Pemilu 2024 penuh dengan kecurangan.

"Sutradara kecurangan ini adalah (Presiden) Jokowi, KPU itu hanya operator," kata Sunarko di sekitar gedung KPU, Jakpus, Senin (18/3/2024).

Purnawirawan ini menjelaskan massa aksi meminta KPU untuk menghentikan proses perhitungan suara. Dirinya dan para demonstran tak ingin Indonesia dipimpin oleh seorang maling.

Dia lalu menyebut TNI masa bodoh dengan Pemilu 2024. Sunarko mengatakan demonstrasi akan terus dilakukan sampai suaranya didengar.

"TNI masa bodoh. Karena saya katakan, saya tidak tahu netral atau tidak, tapi TNI pasti melihat amburadulnya pelaksanaan Pemilu ini tapi dia tidak bersuara," terangnya.

Polisi sendiri sudah berada di sekitaran lokasi untuk melakukan pengamanan. Lalu lintas di Jalan Imam Bonjol, Jakpus dari arah kantor KPU sudah ditutup. 

Aparat memasang road barrier untuk menutup jalan. Belum diketahui sampai kapan demonstrasi ini berlangsung.

Rekomendasi