Kepala Otorita IKN: Gedung DPR Dibangun Tahun Depan

| 19 Mar 2024 00:00
Kepala Otorita IKN: Gedung DPR Dibangun Tahun Depan
Gedung DPR di IKN ( (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

ERA.id - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengatakan, pembangunan Gedung DPR RI di IKN, Kalimantan Timur dalam tahap pembahasan. Dia menyebut, rancangan bangunan tersebut sedang dibahas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sedang dibicarakan dan didesain oleh teman-teman dari PUPR," kata Bambang kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (18/3/2024).

Bambang mengungkapkan, rencananya pembangunan Gedung DPR akan dimulai tahun depan. Sebab, pihaknya mengupayakan kelengkapan tiga unsur kekuasaan dalam pemerintahan atau trias politika di IKN.

"Di jadwal kalau tidak salah mulai tahun depan ya, di 2025 (pembangunan Gedung DPR di IKN)," ungkap Bambang.

"Ya kita lihat nanti. Kan itu semuanya kan kita ingin agar ada kelengkapan dari trias politika di sana, yudikatifnya ada, legislatifnya ada, eksekutifnya ada. Sehingga memang IKN itu berfungsi sebagai ibu kota yang menyeluruh," imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi II DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan jajaran Otorita IKN di Gedung Komisi II DPR, Senin (18/3/2024). Dalam rapat itu, Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Demokrat, Wahyu Sanjaya mengusulkan agar pembangunan Gedung DPR di IKN dilakukan terkahir setelah seluruh prioritas pembangunan IKN selesai. 

Sebab, menurut dia, masih ada berbagai pembangunan lainnya yang dinilai lebih prioritas di IKN.

"Saya pribadi mengusulkan kalau bisa gedung DPR itu yang paling terakhir saja pembangunannya karena kan bahwasanya prioritas yang dibutuhkan untuk membangun ibu kota negara sedemikian besar, jadi kita harus mengalah memberikan skala prioritas terlebih dahulu kepada pemerintah," kata Wahyu.

"Jadi mungkin setelah seluruhnya selesai, barulah kita yang terakhir. Kalau perlu yang di paling pojok paling kecil pun tidak masalah, tetapi yang paling terakhir saja (pembangunannya)," sambungnya

Rekomendasi