TKN Ingatkan Pendukung Prabowo-Gibran Tak Reaktif Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

| 21 Mar 2024 05:30
TKN Ingatkan Pendukung Prabowo-Gibran Tak Reaktif Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
Sufmi Dasco. (Era.id/Flori)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pun mengingatkan para pendukung Prabowo-Gibran tidak bereaksi berlebihan terhadap dugaan kecurangan pemilu.

"Karena penetapan KPU sudah ditetapkan, kami juga mengimbau kepada pendukung Prabowo-Gibran untuk tetap bersabar. Jangan kemudian reaktif terhadap persangkaan curang dan lain-lain. Itu kita tetap menunggu hasil MK (Mahkamah Konstitusi) dengan baik," kata Dasco di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) malam.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pihaknya bakal menanggapi dengan baik sengketa pemilu di MK yang nantinya diajukan oleh kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Ya bahwa itu kan aturan yang ada, dan dijamin oleh konstitusi kita. Oleh karena itu, gugatan-gugatan terhadap MK adalah sah-sah saja. Dan kita menanggapi dengan baik," ujar Dasco.

Saat ditanya soal kemungkinan kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud bersatu dalam pengajuan sengketa, Dasco tak banyak berkomentar. Dia hanya menyebut pihaknya siap menghadapi gugatan itu.

"Ya nanti kita lihat. Sejauh ini yang kami jalani, yang kami alami, kami merasa optimis bahwa gugatan-gugatan yang kemudian akan diajukan, akan kita atau kami bisa lalui dengan baik," jelas dia.

Sebelumnya, KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dimenangkan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran dengan 96.303.691 suara atau 58,6 persen.

"Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 96.214.691 suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

KPU menyebut jumlah suara sah nasional sebanyak 164.227.475. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin sebanyak 40.971.906, sementara suara sah Ganjar-Mahfud sebanyak 27.040.878 suara.

Rekomendasi