Absen Saat Deklarasi Kemenangan Bareng Prabowo, Gibran Pilih Ngantor di Solo

| 21 Mar 2024 12:05
Absen Saat Deklarasi Kemenangan Bareng Prabowo, Gibran Pilih Ngantor di Solo
Gibran (instagram/gibran_rakabuming)

ERA.idGibran Rakabuming Raka tetap menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta usai ditetapkan sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (20/3/2024). Gibran yang absen selama deklarasi kemenangan bersama Prabowo memilih untuk melanjutkan tugasnya sebagai Wali Kota.

Gibran tiba di Balai Kota Surakarta pukul 10.45 WIB. Pada kesempatan tersebut Gibran langsung naik ke lantai 2 menuju ruang pertemuan Balai Tawangarum untuk bertemu dengan para tamu yang merupakan rombongan Komisi X DPR RI.

"Ya sudah, terima kasih. Sambil jalan ya, ditunggu di atas," kata Gibran, dikutip Antara, Kamis (21/3/2024).

Gibran mengaku sejauh ini sudah melakukan komunikasi langsung dengan pasangannya, Prabowo Subianto. Keduanya juga sudah memiliki jadwal untuk bertemu setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Nanti sudah dijadwalkan," katanya.

Sayangnya Gibran enggan memberikan rincian lebih lanjut terkait jadwal pertemuannya dengan Prabowo. Dia mengatakan sejauh ini masih harus menyelesaikan pekerjaannya di Solo.

"Ya menyelesaikan kerjaan di Solo dulu," ujarnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional yang dimenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebesar 58,6 persen. Pasangan ini memperoleh sebanyak 96.303.691 suara.

"Memutuskan, menetapkan Keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 96.214.691 suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar mendapat 40.971.906 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya memperoleh suara 27.041.878. Total suara sah Pilpres 2024 secara nasional mencapai 164.227.475 suara.

Rekomendasi