Datang ke Gedung MK, Sekjen PDIP Hasto hingga Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud Bawa Empat Boks Isi Dokumen

| 23 Mar 2024 19:00
Datang ke Gedung MK, Sekjen PDIP Hasto hingga Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud Bawa Empat Boks Isi Dokumen
Sekjen PDIP dan Tim Hukum Ganjar-Mahfud di Gedung MK (Era.id/ Flori Anastasia Sidebang)

ERA.id - Kubu pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD siap menggugat hasil Pilpres 2024. Para sekjen dari partai pengusung dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) paslon nomor urut 3 itu telah tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Sabtu (23/3/2024).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq, politisi PDIP Adian Napitupulu dan Djarot Saiful Hidayat telah tiba di Gedung MK.

Kemudian, disusul Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dan Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis. Tampak beberapa pria dewasa membawa empat boks plastij berisi sejumlah dokumen. Namun, belum ada keterangan resmi mengenai isi boks tersebut.

Setibanya di lokasi, para sekjen partai dan politisi memasuki ruang tunggu. Sedangkan tim hukum TPN Ganjar-Mahfud menuju meja registrasi untuk mendaftarkan gugatan. Mereka dilayani oleh pegawai MK.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya telah bersepakat untuk mengajukan sengketa Pemilu 2024 ke MK. Langkah ini diambil karena MK dinilai menjadi benteng terakhir untuk menegakkan keadilan dan demokrasi.

"Setelah pengumuman tadi malam, tim Ganjar-Mahfud sudah bersepakat kalaulah semuanya ini harus diluruskan agar demokrasi bisa berjalan dengan baik, maka benteng terakhirnya adalah Mahkamah Konstitusi," kata Ganjar dalam konferensi pers di Posko GAMA, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Ganjar menjelaskan, dalam satu bulan terakhir setelah pencoblosan 14 Februari, ia mendengar banyak kemiripan cerita dari masyarakat mengenai dugaan kecurangan pemilu.

"Di samping itu ada cerita money politik, ada cerita intimidasi, saya kira inilah yang kemudian kumpulan cerita dari publik yang masuk kepada tim Ganjar-Mahfud," ungkap Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengaku, pihaknya sudah berusaha melaporkan dugaan-dugaan kecurangan itu ke KPU maupun Bawaslu. Namun, penyelenggara pemilu itu tidak merespons laporan yang disampaikan.

Oleh karena itu, Ganjar menyebut, pihaknya memutuskan untuk segera mengajukan gugatan ke MK setelah KPU mengumumkan hasil resmi rekapitulasi Pemilu 2024.

"Kami sudah menyiapkan tim hukum untuk kita segera mendaftarkan, apakah besok atau Sabtu, untuk segera kita menyampaikan seluruh yang ada, yang kami persiapkan untuk menjadi pertimbangan hakim konstitusi nantinya," jelas dia.

"Dan saya kira ini momentum yang sangat bagus kepada majelis hakim yang nanti ada di MK untuk menunjukkan kredibilitasnya. Setelah dulu ada putusan MKMK, setelah juga kita melihat penyelenggara mendapatkan hukuman etik, maka tentu saja kita harus mengembalikan kredibilitas demokrasi kita menjadi ini jauh lebih baik," sambungnya.

KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dimenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Pasangan ini memperoleh sebanyak 96.214.691 suara.

Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih sebanyak 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan suara sebanyak 27.040.878.

Rekomendasi