Raker Bareng KPU, Fraksi PDIP Usul Pembentukan Panja Pemilu 2024

| 25 Mar 2024 22:00
Raker Bareng KPU, Fraksi PDIP Usul Pembentukan Panja Pemilu 2024
Anggota Komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan Endro Suswantoro. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Anggota Komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan Endro Suswantoro mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) untuk mengevaluasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan dalam intrupsinya saat Rapat Kerja Komisi II DPR dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/3/2024).

"Saya minta persetujuan kawan-kawan dibentuk Panja biar lebih spesifik. Karena, apa kita mau melakukan evaluasi tanpa keseriusan?" kata Endro.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu 2024 ini sudah menjadi sorotan publik. Banyak kelompok masyarakat yang mendesak agar dilakukan evaluasi.

Seharusnya, Komisi II yang bermitra dengan penyelenggara pemilu harusnya mengabil langkah tegas untuk melakukan evaluasi.

"Kalau kita tidak serius evaluasi, ini Komisi II malu sama rakyat yang lebih peduli terhadap demokrasi, daripada Komisi II," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli mengatakan bahwa usulan itu ditampung dahulu, tapi belum bisa disetujui.

Sebab, rapat bersama penyelenggara pemilu harus diskors hingga 1 April 2024.

"Nanti kita saat mengambil kesimpulan. Mau buat panja kek, mau buat apa kek, itu pada saat kesimpulan. Saya skor sampai tanggal 1 April," kata Doli.

Rekomendasi