Hindari Kecelakaan, Kemenhub Ingatkan Pemudik Tak Lupa Beristirahat saat Lelah

| 08 Apr 2024 16:00
Hindari Kecelakaan, Kemenhub Ingatkan Pemudik Tak Lupa Beristirahat saat Lelah
Ilustrasi pemudik Lebaran 2024. (Biro Pers Istana)

ERA.id - Kementerian Perhubungan (Kemnehub) mengimbau kepada masyarakat, terutama pemudik untuk beristirahat saat lelah dalam perjalanan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan selama perjalanan mudik.

Imbauan itu kembali dikeluarkan setelah adanya insiden kecelakaan yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek KM 58 pagi tadi. Sebanyak 12 orang meninggal dunia dalam peristiwa naas itu.

"Kami mengimbau seluruh pemudik tetap mengutakaman keselamatan dan beristirahat apabila msrasa kelelahan di perjalanan," ujar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, dikutip dari Antara (8/4/2024).

Pemudik diharapkan beristirahat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. Istirahat bisa dilakukan di dalam rest area dengan waktu maksimal 30 menit atau bisa juga keluar tol terlebih dahulu untuk mencari tempat beristirahat yang lebih nyaman.

Hendro menyarankan, para pemudik sebaiknya beristirahat kurang lebih selama 30 menit setelah menempuh perjalanan selama empat jam.

"Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik, maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi empat jam berturut-turut, dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit," ucapnya.

Selain itu, pemudik diharapkan merencanakan waktu perjalanan sebaik mungkin.

"Para pemudik bisa memilih berangkat di waktu-waktu yang tidak rentan untuk mengantuk dan upayakan cukup tidur sebelum mengemudi," kata Hendro. 

Rekomendasi