Kecelakaan Maut di Tol Japek, Kapolri: Bila Lelah Jangan Paksakan Mengemudi

| 08 Apr 2024 21:40
Kecelakaan Maut di Tol Japek, Kapolri: Bila Lelah Jangan Paksakan Mengemudi
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, petugas gabungan masih melakukan pendalaman atas insiden kecelakaan maut di Tol Jakarta-Cikampek KM 58 pada Senin (8/4).

Kecelakaan itu melibatkan tiga unit kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Prima Jasa. Akibatnya, 12 orang tewas.

"Ini akan didalami oleh tim gabungan, dari Polri, Kemenhub, dari KNKT sehingga kemudian ditemukan kepastian penyebab terjadinya kecelakaan tadi. Karena memang saat ini untuk penyebab laka masih dilakukan pendalaman," kata Listyo di RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

Atas peristiwa tragis itu, kedepannya bakal lebih banyak lagi sosialisasi kepada pengendara, terutama pengemudi agar tidak terjadi lagi kecelakaan.

"Kita harapkan sosialisasi yang juga semakin masif mengingatkan kepada para pengendara kepada pemudik kendaraan betul-betul hati-hati karena jumlah arus mudik saat ini jumlahnya sangat luar biasa," ucapnya.

Dia mengimbau para pemudik yang menggunakan jalur darat berhati-hati dalam berkendara. Jangan memaksakan diri mengemudi apabila sedang kelelahan.

Kecelakaan maut sebenarnya bisa dihindari asalkan pengemudi memahami kondisi tubuh dan kendaraan.

"Bagi yang menderita kelelahan jangan dipaksakan, dan silahkan untuk istirahat dan juga bila perlu persiapkan pengemudi cadangan sehingga bisa bergantian," kata Listyo.

"Jadi, ini kita harapkan ke depan menjadi hal yang bisa kita antisipasi untuk mencegah, terulangnya atau bertambahnya peristiwa yang terjadi hari ini," imbuhnya.

Sebagai informasi, telah terjadi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 58 sekitar pukul 07:04 WIB pada Senin (8/4).

Kecelakaan melibatkan tiga kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Prima Jasa.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, peristiwa itu berawal dari kendaraan Granmax yang berjalan di jalur contraflow mencoba menepi ke bahu jalan karena ada masalah pada kendaraanya.

Kecelakaan terjadi saat satu unit bus dari arah Cikampek tak bisa menghindar dari mobil Grandmax yang mencoba menepi ke bahu jalan.

Tabrakan pun terjadi hingga menyebabkan mobil Grandmax terbakar di lokasi.

Selain itu, satu unit mobil Terios juga terbakar dampak dari kecelakaan tersebut.

Rekomendasi