Jokowi-Ma'aruf Salat Idulfitri Terakhir Sebagai Presiden dan Wapres di Masjid Istiqlal

| 10 Apr 2024 07:22
Jokowi-Ma'aruf Salat Idulfitri Terakhir Sebagai Presiden dan Wapres di Masjid Istiqlal
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin salat Idulfitri di Masjid Istiqlal. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin menjalankan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Ini merupakan salat Id terakhir keduanya sebagai pemimpin di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Era.id di lokasi, Jokowi dan Ma'aruf tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 06.42 WIB. Keduanya langsung mengisi saf paling depan dan salat dimulai pukul 07.00 WIB.

Jokowi terlihat mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dipadukan dengan celana kain hitam dan peci dengan warna senada. Sedangkan Ma'aruf mengenakan kemeja putih yang dibalut jas berwarna hitam. Ia juga menggunakan peci hitam dan sarung dengan corak warna hijau.

Di lokasi yang sama, tampak hadir Kepala Staf Kantor Presiden Moeldoko, serta beberapa menteri. Diantaranya, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto.

Selain itu, hadir juga sejumlah duta besar dari negara sahabat. Kemudian, turut tampak hadir Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

Adapun dalam Salat Idulfitri tahun ini, Rais Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) sekaligus mantan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Abd A'la Basyir bertindak sebagai khatib. Khotbah yang dibawakan mengangkat tema 'Memperkuat Kebersamaan dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa'.

Sementara itu, Imam salat Id, yakni Al Hafidz H Ahmad Husni Ismail dan cadangan Imam Al Hafidz H Martomk Malaing. Sedangkan, Qadarasmadi Rasyid dan H Ahmad Achwani bertindak sebagai bilal alias muadzin.

Rekomendasi