Sahroni hingga Anies Masuk Radar NasDem untuk Pilgub Jakarta 2024

| 15 Apr 2024 23:35
Sahroni hingga Anies Masuk Radar NasDem untuk Pilgub Jakarta 2024
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Partai NasDem menyebut ada tiga nama yang dipertimbangkan untuk diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. 

Ketiga nama tersebut antara lain, mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni, dan Ketua DPW Partai NasDem DKI Wibi Andrino.

"Kalau di sini, namanya mengerucut ya pasti lah Ahmad Sahroni, ya pasti lah Wibi Andrino, ya bisa jadi Anies Baswedan," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2024).

Terkait Sahroni, Willy mengatakan, meskipun rekan separtainya itu bermimpi menjadi presiden, namun bisa menjajal terlebih dahulu menjadi seorang gubernur Jakarta sebelum menuju Istana.

"Mau Sahroni oke, oke saja, tapi Sahroni mimpinya jadi presiden. Tapi sebagai sebuah stepping stone, kita bisa bilang Kakak Roni sebelum jadi presiden, harus melangkah dulu (jadi gubernur Jakarta), kan bisa," kata Willy.

Sementara soal peluang mengusung Anies dalam Pilgub Jakarta 2024, menurutnya hal itu sempat dibicarakan antara Anies dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada 18 Maret lalu. 

Namun dia membantah bahwa pembicaraan itu merupakan tawaran Surya untuk Anies kembali diusung Partai NasDem pada pemilihan kepala daerah mendatang. 

"Bukan penawaran, itu diskusi. Di sini terbuka, egaliter, semua dibahas di atas meja sebagai keputusan bersama," kata Willy.

Lantaran baru sebatas diskusi, menurut Willy, saat itu Anies hanya menjawab bahwa masih berkosentrasi menyelesaikan proses gugtan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti diketahui, Partai NasDem mengusung Anies sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

"Ya pak anies menjawabnya saya akan menyelesaikan proses MK," kata Willy.

Sebagai informasi, Pilkada serentak 2024 kemungkinan besar akan digelar pada November mendatang.

Sejumlah partai politik juga tengah mempersiapkan mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah. Partai Golkar salah satunya, juga sudah mengerucutkan sejumlah nama untuk dimajukan dalam Pilgub Jakarta 2024, antara lain Ridwan Kamil hingga Ahmed Zaki Iskandar.

Rekomendasi