RK Disiapkan Maju Pilkada Jakarta jika Pesaingnya Anies Baswedan

| 17 Apr 2024 18:15
RK Disiapkan Maju Pilkada Jakarta jika Pesaingnya Anies Baswedan
Ketua Umum ProJo, Budi Arie. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua Umum relawan Pro-Jokowi (ProJo), Budi Arie Setiadi mengungkapkan, Ridwan Kamil dipersiapkan maju Pilkada Jakarta 2024 apabila Anies Baswedan juga ikut berlaga.

"Kalau dia (Anies) maju, RK yang maju," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menurutnya, RK juga dipersiapkan untuk mengikuti Pilkada Jawa Barat. Namun, jika maju di Pilkada Jakarta, mantan wali kota Bandung itu diyakini menang apabila melawan Anies.

Diketahui, RK memang mengantongi dua surat rekomendasi dari Partai Golkar sebagai calon gubernur DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Supaya kalau ada yang mau maju, ada RK lho, RK sih standby di Jawa Barat tapi kalau mau maju di DKI, menang RK," kata Budi.

Budi mengklaim survei RK di Jakarta cukup tinggi. Hal itu juga yang menjadi dilema menempatkan RK ikut Pilkada Jakarta atau Jabar.

"Jawa Baratnya siapa kalau RK di Jakarta," kata Budi.

ProJo, kata Budi, siap mendukung pencalonan RK dan calon-calon yang diusung partai-partai Koalisi Indonesia Maju di Pilkada serentak 2024.

"Ya semua yang maju didukung partai-partai Koalisi Indonesia Maju, ProJo dukung," ujarnya.

Sebelumnya, Partai NasDem mengaku mempertimbangkan mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu bahkan sudah dibicarakan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kepada Anies beberapa waktu lalu.

Namun Anies memilih fokus menuntaskan gugatan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), ketimbang menanggapi peluang kembali maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

"Kita sekarang lagi menunggu MK, jadi kita semua fokusnya di sana," kata Anies di kediamannya, Jakarta.

Rekomendasi