PKB Belum Putuskan Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024 di Jakarta, Jatim dan Jabar

| 20 Apr 2024 15:16
PKB Belum Putuskan Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024 di Jakarta, Jatim dan Jabar
Muhaimin Iskandar (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, partainya belum memutuskan siapa sosok calon kepala daerah yang bakal diusung dalam Pilkada 2024 di Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Dia menyebut, hingga kini PKB masih menunggu tokoh-tokoh yang ingin mendaftar.

"Jadi kami belum bisa memutuskan siapapun calonnya untuk DKI, Jawa Barat, Jawa Timur maupun di mana-mana," kata Cak Imin di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Sabtu (20/4/2024).

"Kami hanya bisa menunggu siapa saja yang mendaftar, lalu kita uji, kita libatkan tokoh-tokoh untuk melakukan uji publik dan kita beri keleluasaan tokoh-tokoh untuk menentukan," sambungnya.

Cak Imin menjelaskan, penentuan calon di berbagai daerah tersebut tidak terbatas pada faktor kader PKB. Namun, ada sejumlah kriteria dan indikator. Diantaranya, yakni visi, misi sekaligus komitmen, rekam jejak, dan terutama kemampuannya.

"Jadi penentuannya nanti bukan hanya semata-mata ditentukan oleh PKB. Tapi betul-betul ditentukan oleh harapan masyarakat pada umumnya. Tentu faktor elektoral menjadi salah satu pertimbangan," tegas Cak Imin.

"Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada hanya faktor kader. Faktor kader hanya salah satu pertimbangan," imbuh dia.

Adapun pada tanggal 20 April 2024, PKB mulai membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2024. Seluruh golongan masyarakat yang ingin mencalonkan diri melalui PKB dipersilakan untuk mendaftar.

"Mari seluruh yang berkeinginan menjadi kepala daerah silakan mendaftar ke PKB, karena kami tidak membatasi diri hanya kader," ujar Cak Imin.

Rekomendasi