Gibran Tunggu Arahan Prabowo soal Koalisi Besar

| 26 Apr 2024 19:10
Gibran Tunggu Arahan Prabowo soal Koalisi Besar
Calon wakil presiden terpilih 2024, Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Calon wakil presiden terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka menunggu arahan calon presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membahas koalisi besar di pemerintahan mendatang.

Menurutnya, saat ini Prabowo mulai merangkul pihak-pihak yang sebelumnya menjadi lawan politik pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kita tunggu nanti. Yang jelas Pak Prabowo sudah bertemu dengan tokoh-tokoh di luar koalisi. Ke depan seperti apa, kita tunggu nanti," kata Gibran dikutip dari Antara, Jumat (26/4/2024).

Disinggung soal sejumlah partai politik yang mulai merapat ke pemerintahan Prabowo-Gibran, dia enggan menjawab. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu lagi-lagi memastikan bahwa semua pihak akan dirangkul.

"Pak Prabowo sudah merangkul semua yang menjadi kontestan 01 dan kontestan 03. Tunggu saja nanti," kata Gibran.

"Ditunggu saja. Partai lain tunggu saja," imbuhnya.

Sebagai informasi, usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih periode 2024-2029, keduanya langsung melakukan safari politik.

Prabowo diketahui menemui Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat pada Rabu (24/4). Usai pertemuan, keduanya menyinggung soal kerja sama di pemerintahan mendatang.

Meski begitu, PKB membantah partainya sudah resmi bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, keputusan soal berada di dalam atau di luar pemerintahan akan dibicarakan dalam waktu dekat.

Sementara pada Kamis (25/4), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh terang-terangan menyatakan partainya siap bergabung dan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran untuk lima tahun mendatang.

Sikap itu disampaikan usai menyambangi kediaman Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta Selatan. 

Rekomendasi