Prabowo Bertemu dengan Surya Paloh dan Cak Imin, Gibran: Kita Rangkul Semua

| 26 Apr 2024 19:45
Prabowo Bertemu dengan Surya Paloh dan Cak Imin, Gibran: Kita Rangkul Semua
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Solo, Jumat (Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto baru saja bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Dalam pertemuan ini mengisyaratkan bahwa Koalisi Perubahan akan menarik kedua partai tersebut.

Terkait hal ini, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menyatakan bahwa saat ini Prabowo sudah bertemu dengan ketua umum dari partai-partai koalisi. Namun apakah mereka akan masuk dalam gerbong koalisi, ia mempersilahkan untuk menunggu perkembangan.

”Ehm, kita tunggu nanti, yang jelas Pak Prabowo sudah ketemu tokoh-tokoh yang ada di luar koalisi ya. Jadi ke depan seperti apa, kita tunggu. Yang jelas Pak Prabowo sudah merangkul semua,” katanya saat ditemui di SMKN 8 Solo, Jumat (26/4/2024).

Gibran pun mengisyaratkan pertemuan ini tidak hanya berhenti di kedua partai tersebut. Tidak menutup kemungkinan, partai-partai pendukung pasangan calon 01 maupun 03 juga akan dirangkul.

”Yang jelas Pak Prabowo sudah merangkul semua yang kemarin menjadi kontestan di 01 maupun 03. Ya tunggu aja nanti partai-partai lain, nanti tunggu aja,” katanya.  

Saat ditanya lebih lanjut apakah juga akan merangkul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gibran pun mengisyaratkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran belum mengagendakan pertemuan dengan PDIP. Sebagaimana diketahui hubungan PDIP dengan Gibran tidak harmonis pasca partisipasi Gibran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

”Ya kalau belum (ada pertemuan dengan PDIP) ya nggak apa-apa,” katanya.

Ditanya lebih lanjut apakah jawaban tersebut sebagai isyarat jika PDIP akan ditinggalkan gerbong Koalisi Perubahan dan menjadi oposisi, Gibran menyerahkan hal tersebut pada partai berlambang kepala banteng ini. Namun dirinya menegaskan bahwa pihaknya telah menggandeng dan berencana mengagendakan pertemuan.

”Bukan meninggalkan, ini keputusan masing-masing partai. Nggak ada yang ditinggal. Kita kan menawarkan untuk bertemu, untuk saling sowan, nggak ada yang ditinggal,” ujarnya.

Sementara saat ditanya apakah akan menggandeng Partai Persatuan pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan menggandeng dalam koalisi, Gibran hanya meminta semua pihak menunggu. ”Ditunggu saja, ditunggu saja, ditunggu saja. Ditunggu dalam waktu dekat nggih, ditunggu,” katanya.

Di sisi lain, hingga saat ini Gibran juga belum mendapat ucapan selamat secara langsung dari paslon 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Keduanya hanya memberikan ucapan selamat melalui media.

”Udah kan udah ngasih selamat semua, kemarin statement di TV ya. Belum, belum kontak langsung, ya kan sibuk,” ujarnya.

Rekomendasi