PSI Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Kaesang Minat Maju Pilkada?

| 26 Apr 2024 19:00
PSI Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Kaesang Minat Maju Pilkada?
DPP PSI buka pendaftaran calon kepala daerah. (Dok DPP PSI)

ERA.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, mulai 26 April hingga 1 Agustus.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan, pendaftaran terbuka bagi siapapun.

"Kami berharap putra putri Indonesia yang terbaik mau untuk membangun negara, khususnya daerahnua masing-masing, dan ini pendaftaran akan saya buka untuk siapapun, mau dari partai manapun tidak ada masalah," kata Kaesang di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Dia mengatakan, tak ada syarat khusus bagi yang berminat mendaftar sebagai kepala daerah.

PSI, kata Kaesang, tak segan-segan mengeluarkan rekomendasi apabila sosok yang mendaftar sesuai dengan nilai-nilai partainya.

"Mau itu gubernur, wakil gubernur, wali kota, wakil wali kota, bupati, wakil bupati intinya nilai-nilai PSI ada di dalam diri mereka saya kira kita sebagai partai akan mengeluarkan rekomendasi buat para calon-calon kepala daerah," ucapnya.

Disinggung apakah Kaesang berminat maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2024, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu tak menjawab tegas.

Dia hanya menjawab masih melihat dinamika politik di tiap-tiap daerah sebelum mengambil keputusan.

"Saya nanti tunggu lihat perkembangan dinamika politik di daerah," kata Kaesang.

Sebagai informasi, PSI menargetkan daerah-daerah yang menjadi lumbuny suara partainya untuk memajukan calon kepala daerah.

Sementara terkait dengan kerja sama politik di Pilkada 2024, PSI mengutamakan menjalin komunikasi dengan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju 

Rekomendasi