PPP dan PKB Bertemu, Bahas soal Kerja Sama Pilkada 2024

| 29 Apr 2024 18:45
PPP dan PKB Bertemu, Bahas soal Kerja Sama Pilkada 2024
Pertemuan PPP dan PKB bahas kerja sama politik. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertemu dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Senin (29/4/2024). Dalam pertemuan itu, keduanya siap menjalin kerja sama.

"Kami, dua partai ini bersepakat untuk terus saling bahu membahu bekerjasama dalam rangka memaksimalkan peran dan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, baik di legislatif maupun di eksekutif," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

"Termasuk PKB berharap PPP lolos dalam perjuangannya di MK sehingga hak PPP untuk duduk dengan hasil jerih payahnya bisa terselamatkan," sambungnya.

Selain itu, Cak Imin mengungkapkan, PKB dan PPP juga sepakat untuk bersinergi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Keduanya akan saling mendukung untuk mencari kader-kader terbaik di sejumlah daerah untuk maju sebagai calon kepala daerah.

Namun, dia belum memerinci di daerah mana saja kedua partai ini akan bekerjasama.

"Tadi sudah ada kesepakatan untuk mencermati berbagai daerah yang peluang PPP-PKB bisa bekerjasama," ungkap Cak Imin.

"Kita berdoa dan berharap PPP-PKB menjadi solusi bagi kehidupan berbangsa, bernegara dalam peran-perannya yang strategis di masa yang akan datang," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono menjelaskan, partainya dan PKB merupakan 'kakak-beradik'. Sehingga memiliki semangat perjuangan yang sama.

"PKB adalah merupakan satu kakak beradik dengan PPP, lahir dari rahim yang sama. Sehingga tentu tidak akan bisa dipisahkan dalam perjuangannya antara PPP dan PKB, yaitu untuk memperjuangkan umat, kesejahteraan umat dalam membangun bangsa dan negara, baik di masa yang telah kita lalui dan di masa yang akan datang," ujar Mardiono.

Mardiono mengungkapkan, partainya juga meminta dukungan dari PKB terkait gugatan sengketa hasil Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang utama lagi kami PPP minta dukungan dan doa restu dari tokoh-tokoh PKB, khususnya ketum dan jajarannya untuk bisa mendukung, mendoakan PPP bisa lolos dari PT (parlemen threshold) apa yang sedang kami perjuangkan di MK, dimana hari ini telah dimulai sidang perdananya," jelas Mardiono.

Disamping membahas kerja sama dalam Pilkada 2024, Mardiono menyebut, dalam pertemuan itu kedua partai membahas bagaimana Indonesia menghadapi banyak hal, termasuk bagaimana menyikapi dinamika geopolitik internasional. "Tentu ini merupakan tantangan-tantangan yang harus kita selesaikan," kata Mardiono.

Rekomendasi