PKB Usung Zaki dan Ida Fauziyah di Pilkada Jakarta, Anies Baswedan Belum Daftar

| 02 May 2024 16:15
PKB Usung Zaki dan Ida Fauziyah di Pilkada Jakarta, Anies Baswedan Belum Daftar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bicarakan Pilkada Jakarta 2024. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusung Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, politikus Partai Golkar, Ahmed Zaki Iskandar, dan satu orang lainnya untuk maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) pada Pilkada DKI Jakarta. 

"DKI ada Zaki, ada Ida Fauziah, satu lagi, ada tiga orang," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di tengah acara "Ta'aruf Politik" Calon Kepala Daerah dengan Gus Muhaimin di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Saat disinggung apakah PKB akan mengusung Anies Baswedan sebagai bacagub pada Pilkada DKI Jakarta, Cak Imin tertawa. Dia lalu menyebut PKB membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk diusung dalam Pilkada 2024 sampai masa akhir pendaftaran yang telah ditetapkan KPU.

"(Anies Baswedan) belum (daftar), memang kita buka sampai di hari akhir. Nanti kita lihat aja (Anies daftar apa nggak)," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menyebut partainya dan PKS berpeluang koalisi pada Pilkada Jakarta.

Lagipula, syarat untuk mendukung satu pasang calon minimal memiliki 22 kursi di DPRD Jakarta dan kedua partai tersebut, jika berkoalisi, maka sudah bisa mengusung jagoannya ke Pilgub DKI.

"PKB punya 10 kursi dan PKS punya 18 kursi. Jadi lebih dari cukup," ungkap Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (25/4) silam.

PKB mendorong Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas atau Menteri Ketenagakerjaan sekaligus anggota DPR RI terpilih 2024-2029 Ida Fauziyah maju ke Pilgub DKI.

Sementara itu, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan partainya memiliki banyak sosok yang dapat didorong untuk maju dalam bursa Pilkada Jakarta.

"Ada Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, Tifatul Sembiring, Mardani Ali Sera dan Ahmad Syaikhu" katanya usai bertemu elit PKB.

Rekomendasi