Pilpres 2024 Usai, TPN Ganjar-Mahfud Resmi Bubar

| 06 May 2024 22:20
Pilpres 2024 Usai, TPN Ganjar-Mahfud Resmi Bubar
TPN Ganjar-Mahfud resmi bubar. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Tim Pemenanagan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud resmi bubar seiring dengan usaianya pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pembubaran TPN Ganjar-Mahfud itu digelar bersamaan dengan acara Halalbihalal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).

"Kalau berkenan ya Mas Acad (Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid), TPN-nya sebagai institusi harus bubar," kata Ganjar Pranowo.

Meskipun TPN bubar, Ganjar berharap semua pihak yang mendukungnya di Pilpres 2024 bisa melanjutkan perjuangan dengan menjadi kontrol pemerintah mendatang.

"Tapi beberapa orang yang masih punya komitmen ini, kita membuka peluang untuk yang lebih panjang," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menegaskan sikap politiknya untuk tidak akan bergabung dengan perintahan di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun, dia tetap akan menghormarti pemerintahan mendatang.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga meminta semua pihak tak berhenti mencintai Indonesia.

""Saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," kata Ganjar.

Dia juga menegaskan, mesikipun tidak begabung dengan pemerintahan, dia akan melakukan kontrol dengan cara yang benar, yaitu melalui parlemen.

"Yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara yang paling bagus kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol," pungkasnya.

Diketahui, pada Pilpres 2024, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersaing melawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Setalah melewati proses rekapitulasi di KPU hingga sengket di Mahkamah Konstitusi, Pilpres 2024 dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Rekomendasi