Sandiaga Uno Geram Lihat Tukang Palak di Daerah Wisata, Minta Pemerintah Bertindak Tegas

| 07 May 2024 09:34
Sandiaga Uno Geram Lihat Tukang Palak di Daerah Wisata, Minta Pemerintah Bertindak Tegas
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, meminta pemerintah daerah menindaki tukang palak di tempat-tempat wisata.

Hal itu merespons video viral rombongan wisatawan menjadi korban palak saat hendak ke curug di Bogor, Jawa Barat.

“Tanggapan saya agar pungli ini ditindak tegas karena ini sudah terkoordinasi melalui kegiatan pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan pemerintah daerah setempat,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin kemarin.

Sandiaga menambahkan bahwa untuk memberantas pungli di tempat wisata, diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak, terutama pemerintah dan para penggerak pariwisata daerah.

"Kami ingin bahwa tempat-tempat wisata di Indonesia, yang mana ada 6.016 desa wisata yang tergabung, tidak memberikan ruang dan tidak mentoleransi adanya praktik-praktik pungli," ujarnya.

Aksi pungli kembali disorot ketika rombongan wisatawan ditagih pungutan saat hendak pergi ke curug di Kabupaten Bogor. Peristiwa itu viral di media sosial setelah diunggah oleh seorang warganet.

Dalam video yang beredar, pelaku pungli tampak menghentikan kendaraan rombongan wisatawan. Dia mengaku, bahwa jalan yang dilewati oleh rombongan itu adalah daerah operasionalnya sehingga setiap pengunjung yang melewati daerah itu membayar kepadanya.

Sandiaga mengatakan kejadian seperti ini bukan hanya merugikan pengunjung, tetapi juga merugikan pelaku parekraf, UMKM dan masyarakat yang ekonominya terbantu oleh wisatawan.

Rekomendasi