Pegawai Kementan Patungan Rp1 Miliar Biayai Umrah SYL

| 09 May 2024 09:00
Pegawai Kementan Patungan Rp1 Miliar Biayai Umrah SYL
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Instagram/syasinlimpo)

ERA.id - Sejumlah pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) diminta patungan hingga berjumlah Rp1 miliar untuk membiayai kegiatan umrah Syahrul Yasin Limpo ke Arab Saudi. 

Hal itu diungkapkan mantan Bendahara Pengeluaran Bendahara Pengeluaran Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Puguh Hari Prabowo dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (8/5).

Puguh mengungkapkan, SYL melaksanakan umrah di sela-sela kunjungan kerjanya pada sekitar akhir tahun 2022.

"Terjadi di bulan Desember 2022, kami dikumpulkan dan mendapat arahan agar patungan sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan Pak SYL di Arab Saudi atau umrah bahasanya," ucap Puguh dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2024).

Dia lantas menjelaskan, awalnya dia dipanggil oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PSP Kementan Hermanto untuk berkumpul dengan para pegawai lainnya guna mendapatkan arahan.

Saat para pegawai dikumpulkan, Kabag Umum Ditjen PSP Jamil Baharudin memberikan arahan agar masing-masing Direktorat di Kementan bisa mengumpulkan dana untuk kegiatan SYL di Arab Saudi.

Setelah mendapatkan arahan tersebut, kata Puguh, para pejabat di lima Direktorat Kementan langsung mengumpulkan uang untuk kebutuhan SYL itu masing-masing Rp200 juta.

Namun, hanya pejabat di Sekretariat Jenderal Kementan yang tidak mengumpulkan uang patungan lantaran anggaran di Sekretariat Jenderal sudah tidak ada.

Semua uangnya dikumpulkan ke Pak Jamil Baharuddin dan diserahkan oleh Pak Jamil untuk kebutuhan Pak SYL," ucap dia.

Rekomendasi