Nadiem Sebut Pemerintah Mulai Bahas Skema Student Loan

| 21 May 2024 16:55
Nadiem Sebut Pemerintah Mulai Bahas Skema Student Loan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. (Antara)

ERA.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah sudah mulai membahas skema pinjaman mahasiswa atau student loan. Namun masih sebatas pembahasan di internal kementeriannya.

"Untuk saat ini masih dibahas secara internal, belum ada detail yang cukup rinci untuk bisa diumumkan," kata Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Selasa (21/5/2024).

Dia mengaku, skema pinjaman mahasiswa masih sebatas wacana. Pembahasanya pun diklaim cukup panjang karena harus melibatkan kementerian lain, yaitu Kementerian Keuangan.

"Saat ini masih wacana tingkatnya untuk membahas student loan kan Pak, dan itu masih perlu pembahasan yang cukup panjang dengan Kementerian Keuangan saat ini," kata Nadiem.

"Jadi belum ada keputusan ataupun detail yang bisa saya umumkan sekarang, baru tahapan diskusi," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mengatakan, skema pinjaman mahasiswa itu merupakan ide dari DPR.

Dia menjelaskan, ide itu muncul saat merespons isu adanya perguruan tinggi yang menyediakan jasa pinjaman online untuk mahasiswanya yang kesulitan membayar uang kuliah.

"Student loan itu kan sebenarnya usulan di sini, kita bilang jangan pinjol dong, tapi himbara bikin sebuah konsep student loan," kata Dede.

Rekomendasi