Rakernas V PDIP Bakal Bahas Dinamika Politik Nasional hingga Sikap Partai terhadap Pemerintahan Mendatang

| 22 May 2024 20:45
Rakernas V PDIP Bakal Bahas Dinamika Politik Nasional hingga Sikap Partai terhadap Pemerintahan Mendatang
Konferensi pers menjelang pembukaan Rakernas V PDIP di Ancol, Rabu (22/5/2024). (Era.id/Flori)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP akan membahas berbagai hal, antara lain evaluasi hasil Pilpres dan Pileg 2024 hingga isu strategis pemenangan Pilkada 2024.

Adapun Rakernas V PDIP mengusung tema besar 'Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang' dan subtema 'Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran'. Kegiatan ini bakal digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach International Stadium Ancol, Jakarta.

"Rakernas V itu selalu dijalankan setelah pelaksanaan Pemilu. Tentu saja ini dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pemilu, evaluasi internal partai, evaluasi posisi politik partai yang berada di dalam pemerintahan dan kemudian tugas-tugas ideologi partai serta mempersiapkan agenda partai selanjutnya, termasuk konsolidasi dalam rangka pelaksanaan kongres yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 yang akan datang," kata Hasto dalam konferensi pers terkait Rakernas V PDIP di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). 

Hasto menjelaskan Rakernas V juga akan menjadi momentum untuk merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi pilkada serentak, dinamika politik nasional dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat. Kemudian, dalam rapat ini juga bakal membahas strategi pemenangan Pilkada Serentak 2024.

“Dan juga akan disampaikan sikap politik yang berkaitan dengan tantangan-tantangan demokrasi yang akan datang,” ujar dia.

Hasto melanjutkan, sebagai partai yang mengembangkan demokrasi yang berkarakter Indonesia, Rakernas V juga akan mendengarkan suara arus bawah yang disampaikan oleh DPC dan DPD PDIP, termasuk bagaimana menyikapi pemerintahan yang akan datang.

“Tentunya harus dilakukan dengan mendengarkan seluruh elemen-elemen partai yang hadir di dalam rapat kerja nasional kelima tersebut,” jelas Hasto. 

Rekomendasi