Hari Pertama Rakernas V PDIP, Megawati Bakal Sampaikan Pidato Politik

| 24 May 2024 09:15
Hari Pertama Rakernas V PDIP, Megawati Bakal Sampaikan Pidato Politik
Rakernas PDIP (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan (PDIP) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V mulai hari ini, Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5) di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara. Pembukaan rapat bakal dilakukan pukul 14.00 WIB dan dihadiri ribuan kader partai.

“Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rapat kerja nasional. Kemudian ada pengarahan dari Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani,” kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto kepada wartawan yang dikutip pada Jumat, (24/5/2024).

Para peserta yang hadir terdiri dari fungsionaris partai, anggota dewan hingga kepala dan wakil kepala daerah partai yang akan memasuki ruangan acara sekitar pukul 13.30 WIB. Rapat bakal dibuka dengan terlebih dahulu menyanyikan Indonesia Raya.

Setelah itu, Megawati akan menyampaikan pidatonya. Kemudian, acara tersebut juga bakal diisi dengan pertunjukkan tari perjuangan dari Yogyakarta dan Bali.

“Dan di dalam acara pembukaan nanti akan diserahkan oleh para atlet yang telah membawa lari api perjuangan dari Bumi Mrapen kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” ungkap Hasto.

Nantinya, api yang berasal dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah itu bakal dibawa ke sekolah partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Hasto berharap, para kader yang disiapkan menjadi calon pemimpin bisa meresapi makna dari api perjuangan tersebut.

Hasto mengatakan, langkah ini sudah didiskusikan langsung bersama Megawati. “Maka api abadi dari Mrapen ini nanti setelah Rakernas akan ditaruh di sekolah partai PDIP,” ujar dia.

“Sehingga mereka yang dididik oleh partai menjadi calon-calon pemimpin bisa menangkap api perjuangan yang tak kunjung padam. Menangkap budaya sportivitas, fairness, dan budaya mengejar prestasi dengan tetesan keringat kita. Tetesan keringat perjuangan,” sambung Hasto.

Sebagai informasi, Rakernas V PDIP mengusung tema besar 'Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang' dan subtema 'Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran'. Kegiatan ini digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach International Stadium Ancol, Jakarta.

Kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

Rekomendasi