Ganjar Bocorkan Kisi-kisi Arahan Megawati Dalam Rakernas, Salah Satunya Terkait Kesiapan Pilkada

| 26 May 2024 07:30
Ganjar Bocorkan Kisi-kisi Arahan Megawati Dalam Rakernas, Salah Satunya Terkait Kesiapan Pilkada
Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri memberikan pengarahan tertutup dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V partai pada hari kedua, Sabtu (25/5/2024). Salah satu isinya terkait kesiapan partai berlogo banteng tersebut menghadapi Pilkada Serentak 2024.

"Arahannya tertutup ya, ada poin yang umum sebenarnya lebih pada kesiapan-kesiapan kita untuk menghadapi Pilkada," kata Ganjar Pranowo kepada wartawan di lokasi Rakernas, Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara.

"Bagaimana kita selalu bersama rakyat dalam program-program yang lebih menggumi, lebih konkret, apalagi yang sekarang masih di DPRD, terus kemudian masih di kepala daerah, saya kira itu yang jauh lebih penting," sambungnya. 

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengungkapkan, beberapa rincian arahan yang diberikan sifatnya hanya untuk konsumsi internal partai saja.

Namun, dia menyebut, dalam arahannya, Megawati meminta seluruh kader agar menyiapkan semua keperluan untuk menghadapi pilkada. Mulai dari mendengarkan aspirasi rakyat hingga mengantisipasi anomali yang terjadi pada Pilpres dan Pileg 2024 agar tak terulang dalam pilkada.

"Ya, ada yang money politik, ada yang tekanan. Nah, yang begini-begini tentu dalam kepentingan partai mesti diantisipasi, oleh sekarang, termasuk persiapan bagaimana membangun kerja sama dengan partai lain untuk pilkada. Saya kira PR-PR (pekerjaan rumah) itu yang di-highlight," ungkap Ganjar.

Disisi lain, Ganjar menyebut, dalam rapat hari kedua ini belum secara khusus membahas soal kerja sama PDIP dengan partai-partai lainnya saat pilkada nanti. Namun, ia mengungkapkan, ada beberapa daerah yang mendapatkan perhatian lebih dari partai.

"Kalau secara khusus belum, masih sifatnya universal bahwa ada daerah-daerah yang memang jadi perhatian kita ya. Saya kira Jawa, Bali, terus kemudian Sumatera atau Sumatera Utara, terus kemudian Lampung itu menjadi perhatian," jelas dia.

Rekomendasi