Jokowi Ingatkan Potensi Kemacetan Meluas 10-20 Tahun Mendatang

| 04 Jun 2024 14:00
Jokowi Ingatkan Potensi Kemacetan Meluas 10-20 Tahun Mendatang
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo. (Dok. Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pemerintah kota (pemkot) akan potensi kemacetan yang diperkirakan meluas dalam kurun 10 hingga 20 tahun mendatang. Mereka diminta segera mempersiapkan layanan transportasi massal.

Pesan itu disampaikan di depan para wali kota se-Indonesia yang hadir pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

"Karena kalau tidak, 10-20 tahun yang akan datang, semua kota akan macet. Nggak percaya? Kita lihat nanti, kalau nggak kota-kota siap dan menyiapkan diri mengenai transportasi massalnya," katanya dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi menekankan agar perencanaan pembangunan kota disusun secara detail untuk mewujudkan kawasan yang layak huni (lifeable) dan dicintai (loveable) oleh para penghuninya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengonfirmasi perihal kemacetan lalu lintas kepada Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Surabaya, Wali Kota Bandung, dan Wali Kota Medan.

Mereka semua membenarkan situasi kemacetan yang menyergap arus lalu lintas kendaraan di wilayah setempat.

"Kita melihat sekarang ini sudah banyak kota-kota di negara kita itu sudah mulai macet. Oleh sebab itu, rencana kota mengenai transportasi massal, transportasi umum, itu harus disiapkan," ujar Presiden Jokowi.

Rekomendasi