Jokowi Minta Pemkot Jangan Bikin Kota Mencekam seperti di Eropa dan Amerika

| 04 Jun 2024 14:20
Jokowi Minta Pemkot Jangan Bikin Kota Mencekam seperti di Eropa dan Amerika
Presiden Joko Widodo. (Dok. Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pemerintah kota (pemkot) agar membangun kota layak huni (lifeable) dan dicintai (loveable) penghuninya. Bukan seperti kota mencekam di Eropa yang banyak pengangguran.

Pesan itu disampaikan Kepala Negara di depan para wali kota se-Indonesia yang hadir pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

"Jangan sampai kita memiliki kota yang sekarang ini banyak terjadi di Eropa maupun di Amerika, kota-kota yang mencekam, karena penganggurannya banyak, karena homeless-nya banyak, dan kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia," ujarnya dikutip dari Antara.

Selain itu, Jokowi juga meminta pemkot mempersiapkan transportasi umum massal guna mencegah meluasnya kemacetan pada 10-20 tahun mendatang.

"Karena kalau tidak, 10-20 tahun yang akan datang, semua kota akan macet. Nggak percaya? Kita lihat nanti, kalau nggak kota-kota siap dan menyiapkan diri mengenai transportasi massalnya," ucapnya.

"Kita melihat sekarang ini sudah banyak kota-kota di negara kita itu sudah mulai macet. Oleh sebab itu, rencana kota mengenai transportasi massal, transportasi umum, itu harus disiapkan," lanjutnya.

Presiden berharap perencanaan tata ruang kota yang didesain secara detail dapat menghadirkan hunian kota yang layak dan dicintai warganya.

"Kita ingin menjadikan semua kota itu lifeable, nyaman dihuni, dan juga yang lovable, orang yang berkunjung ke sana senang ingin kembali berkunjung, dan orang yang tinggal di situ juga sangat mencintai kotanya, karena kotanya memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakatnya," ujarnya.

Rekomendasi