Sejarah Cannes Film Festival pada Masa Perang Dunia II

| 24 May 2023 23:05
Sejarah Cannes Film Festival pada Masa Perang Dunia II
Sejarah cannes film festival (unsplash)

ERA.id - Dianggap sebagai salah satu dari 'tiga besar' festival film (di samping Venesia dan Berlin) Festival Film Cannes selalu ditunggu-tunggu para pecinta film di dunia. Artikel ini akan membahas sejarah cannes film festival dan beberapa fakta menariknya.

Cannes Film Festival diadakan di kota French Riviera setiap tahun di bulan Mei, selalu menayangkan film-film terbaru dari seluruh dunia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1939, festival ini disebut-sebut sebagai saingan bagi Venesia.

Awal Sejarah Cannes Film Festival

Sejarah Film Cannes berawal pada tahun 1936, pada era ketegangan meningkat menjelang Perang Dunia II.

Pada tahun 1938, beberapa bulan sebelum Perang dimulai di Eropa, beberapa negara berkumpul di Italia untuk menghadiri Festival Film Venesia, yang pada saat itu merupakan salah satu dari sedikit festival film kompetitif di dunia.

Festival Film Venesia menampilkan Amerika Serikat dan beberapa negara dari Eropa. Italia dan Jerman pada waktu itu masing-masing diperintah oleh partai fasis di bawah Benito Mussolini dan Adolf Hitler.

Namun ketika tiba waktunya untuk memberikan penghargaan film terbaik, para juri sepakat untuk memilih film Amerika.

Digunakan sebagai Alat Propaganda

"Namun di bawah tekanan Hitler, film propaganda Nazi Olympia karya sutradara Leni Riefenstahl dan film Italia Luciano Serra, Pilot karya sutradara Goffredo Alessandrini meraih penghargaan tertinggi, yaitu Piala Mussolini," demikian tertulis di situs webnya. Riefenstahl membuat film propaganda untuk rezim Nazi Hitler.

Inggris, Amerika Serikat dan Perancis kemudian keluar dari acara tersebut sebagai tanggapan atas terpilihnya film Jerman dan Italia.

Film di masa Perang Dunia 2 Dijadikan alat Propaganda (unsplash)

Hingga kemudian, perwakilan Prancis, Phillipe Erlanger berencana untuk membuat acara di Prancis sebagai alternatif. Georges Bonnet, Menteri Luar Negeri Prancis, khawatir hal ini akan mempengaruhi hubungan Prancis-Italia.

Meskipun demikian, Menteri Pendidikan Jean Zay dan Menteri Dalam Negeri Albert Sarraut mendukung gagasan festival film untuk Eropa di mana seni tidak lagi dipengaruhi oleh "manuver politik".

Maka, pada tahun 1939, sebuah festival siap diumumkan, dengan dukungan dari negara-negara seperti AS. Di antara kota-kota yang diperebutkan dalam festival adalah Cannes (sebuah kota pesisir di ujung selatan Perancis).

Cannes dipilih karena lokasinya sebagai kota resor dan setelah melakukan lobi dengan para pelaku bisnis perhotelan dan pengusaha lokal.

Namun ketegangan akibat perang di Eropa membuat edisi perdana Festival Film Cannes dibuka pada tahun 1946 dan dihadiri oleh bintang-bintang seperti Kirk Douglas, Sophia Loren, Grace Kelly, Brigitte Bardot, Cary Grant, Gina Lollobrigida, dan pelukis Pablo Picasso. Festival ini diikuti oleh 19 negara dan juri internasional

Selain sejarah cannes film festival, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi