Pekan Depan, KPK Jadwalkan Panggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terkait Kasus Harun Masiku

| 04 Jun 2024 21:11
Pekan Depan, KPK Jadwalkan Panggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terkait Kasus Harun Masiku
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. (ERA.id/Flori Anastasia).

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan terhadap Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto pada pekan depan. Dia bakal diperiksa terkait kasus suap anggota legislatif 2019-2024, Harun Masiku (HM).

"Informasi dari teman teman-teman penyidik, yang bersangkutan (Hasto Kristiyanto) dimungkinkan di minggu depan akan dipanggilnya ya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024).

Meski demikian, Ali belum memerinci kapan tanggal pasti pemanggilan itu dilakukan. Dia hanya menyebut, panggilan itu sudah dijadwalkan.

"Memang kami belum mengonfirmasi kembali waktunya dan apakah surat panggilan akan sudah dilayangkan apa belum, tapi sudah diagendakan," ujar dia.

Ali mengatakan, pemanggilan Hasto berkaitan dengan informasi baru yang diterima KPK mengenai keberadaan buronan tersebut. Namun, dia hanya menyampaikan kisi-kisi bahwa ada pihak yang diduga menyembunyikan Harun. 

“Sehingga, terus kita mendalami lebih jauh,” jelas Ali

Adapun KPK sebelumnya juga sudah memanggil tiga saksi, yakni seorang pengacara bernama Simeon Petrus, serta dua mahasiswa, Melita De Grave dan Hugo Ganda. Mereka diperiksa pada waktu yang berbeda, yaitu Kamis (30/5) dan Jumat (31/5).

Sebagai informasi, Harun Masiku merupakan eks calon legislatif PDIP yang menyuap mantan Wakil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan terkait Penetapan Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 di KPU. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 17 Januari 2020. 

Rekomendasi