Bakal Kerja Sama Bareng PAN dan Golkar di Pilkada Jateng, Gerindra Pertimbangkan Usung Irjen Lutfi

| 11 Jun 2024 16:40
Bakal Kerja Sama Bareng PAN dan Golkar di Pilkada Jateng, Gerindra Pertimbangkan Usung Irjen Lutfi
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bocorkan rencana Pilkada Jawa Tengah 2024. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Partai Gerindra tengah menggodok nama-nama untuk dimajukan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Salah satunya yaitu Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi.

"Untuk Jawa Tengah, kami juga pada saat ini sedang melakukan survei-survei mengenai calon pilkada," kata Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Gerindra, kata Dasco, akan menjalin komunikasi dengan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) khusus untuk membahas Pilkada Jawa Tengah.

Dia lantas menyebut nama Irjen Pol Ahmad Lutfi termasuk salah satu yang akan dibahas bersama Golkar dan PAN.

"Kami akan berembuk dengan temen-temen koalisi seperti PAN, Golkar dan lain-lain untuk memajukan siapa yang akan dimajukan di Jateng termasuk alternatif Pak Luthfi," kata Dasco.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) tertarik untuk mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, PAN akan mendukung pencalonan Luthfi sebagai calon gubernur Jateng.

"Jateng kan sudah saya Pak Lutfi, ya saya udah dukung Pak Lutfi nanti," kata Zulhas di DPP PAN, Jakarta, Senin (3/6).

Belakangan dikabarkan, Irjen Pol Ahmad Lutfi sedang berproses untuk menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebagai informasi, Irjen Lutfi memiliki karir panjang di Jawa Tengah dan tercatat sudah mengabdi lebih dari 10 tahun di wilayah ini, hingga kini menjadi Kapolda Jateng.

Dia disebut punya hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo, saat menjabat sebagai Wakapolresta Surakarta. Saat itu, Jokowi menjadi Wali Kota Solo, dan Lutfi mendampingi Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kapolres Solo, kini sebagai Kapolri.

Rekomendasi