Digadang PAN Maju Pilgub Jateng, Mabes Polri Sebut Irjen Lutfi Sedang Proses Tempati Jabatan di Kemendag

| 08 Jun 2024 23:05
Digadang PAN Maju Pilgub Jateng, Mabes Polri Sebut Irjen Lutfi Sedang Proses Tempati Jabatan di Kemendag
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi. (Antara)

ERA.id - Irjen Pol Ahmad Lutfi disebut sedang berproses untuk menempati jabatan eselon I di Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendag. Hal itu dibenarkan oleh Asisten  Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Kabar tersebut muncul di tengah pernyataan Partai Amanat Nasional (PAN) yang berminat mengusung Irjen Lutfi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Iya sedang berproses karena itu jabatan Eselon 1," kata Dedi dilansir dari Antara, Sabtu (8/6/2024).

Menurut jenderal polisi bintang dua itu, untuk menduduki jabatan tersebut, Irjen Lutfi harus melalui beberapa tahapan. Diantaranya menunggu  hasil tes potensi akademik dan keputusan presiden.

"Karena Eselon 1, menunggu TPA dan kepres dahulu," katanya.

Soal Irjen Lutfi akan menjabat sebagai Irjen Kemendag disampaikan oleh Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan usai pembukaan Rakorwil PAN Jawa Tengah siang tadi.

"Sedang proses untuk Irjen Kemendag, sudah hampir selesai," kata Zulkifli.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli PAN siap mengusung, mendukung, dan memenangkan Irjen Pol. Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2024-2029.

Adapun alasan pemilihan Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur, kata dia, karena Kapolda Jawa Tengah tersebut merupakan sosok pemimpin yang sukses.

"Saya minta Jawa Tengah, Pak Luthfi nanti dibawa ke rakorwil," katanya.

Sebagai informasi, Irjen Lutfi memiliki karir panjang di Jawa Tengah dan tercatat sudah mengabdi lebih dari 10 tahun di wilayah ini, hingga kini menjadi Kapolda Jateng.

Dia disebut punya hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo, saat menjabat sebagai Wakapolresta Surakarta. Saat itu, Jokowi menjadi Wali Kota Solo, dan Lutfi mendampingi Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kapolres Solo, kini sebagai Kapolri.

Rekomendasi