KPK Beri Masukan soal Pimpinan yang Dibutuhkan ke Pansel Capim

| 12 Jun 2024 17:55
KPK Beri Masukan soal Pimpinan yang Dibutuhkan ke Pansel Capim
Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2024). (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyampaikan berbagai masukan kepada Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas KPK. Terutama soal pandangan sosok yang dibutuhkan lembaga ini selanjutnya.

Adapun Pansel Capim dan Dewas KPK melakukan audiensi dengan Pimpinan KPK. Pertemuan itu dihadiri Ketua KPK Nawawi Pomolango, tiga wakilnya, Johanis Tanak, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, serta Sekjen KPK Cahya Harefa.

"Tadi sudah kami sampaikan terkait dengan kondisi KPK dan terkait dengan profil pimpinan yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan KPK, karakteristik KPK, dan harapan-harapan pimpinan untuk pimpinan berikutnya tentu saja," kata Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2024).

"Itu semua sudah kami sampaikan ke Pansel dan sudah menjadi catatan dan akan diperhatikan Pansel dalam memilih pimpinan KPK, seperti apa sosoknya sudah dicatat semuanya," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Yusuf Ateh mengungkapkan, ada banyak informasi yang disampaikan Pimpinan KPK soal sosok yang dibutuhkan untuk memimpin lembaga antikorupsi kedepannya.

"Banyak sekali informasi yang disampaikan tadi tentang kelembagaan KPK. Sosok yang diharapkan, kesulitan, kekurangan dan kelebihan yang menjadi pengalaman beliau ini selama periode sekarang, sudah kami catat semua," ungkap Yusuf.

Dia menjelaskan, berbagai masukan itu nantinya bakal digunakan pada tahap profile-assesment atau penilaian profil kandidat. “Juga kami minta bantuan nanti untuk memberikan clereance pada calon-calon pimpinan KPK yang nanti akan mendaftar dalam seleksi ini,” jelas Yusuf.

Rekomendasi