Selain Susi, PDIP Pertimbangkan Sandiaga Uno hingga Bey Machmudin untuk Pilgub Jabar

| 22 Jun 2024 17:00
Selain Susi, PDIP Pertimbangkan Sandiaga Uno hingga Bey Machmudin untuk Pilgub Jabar
Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) terus menjaring kandidat-kandidat yang akan disiapkan untuk Pilkada serentak 2024. Terbaru ada tiga kandidat yang berpotensi diusung sebagai calon kepala daerah.

Tiga kandidat itu antaranya, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno; dan Penjabat Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin.

"Kami membuka radar politik, ada figur yang sudah berkontribusi untuk bangsa termasuk Jabar yang mungkin layak. Ada Ibu Susi, ada Pak Sandiaga, dan Pak Bey Machmudin, yang tentunya komunikasi kami akan didalami," kata Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, Sabtu (22/6/2024).

Kekinian, PDIP Jabar sedang melakukan pendalaman terhadap Susi Pudjiastuti. Sementara, pendalaman terhadap Bey Machmudin akan dilakukan oleh Ineu Purwadewi Sundari yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jabar.

"Pak Sandiaga tugasnya Kang Pepep (Plt Ketua DPW PPP), dia (Sandiaga) juga kader PPP, pengurus DPP," ujarnya.

Ono menambahkan, internal partai PDIP, PKS, dan PPP sudah mempersiapkan nama-nama yang juga berpotensi diusung Pilgub Jabar. Saat ini ada empat nama yang berstatus kader partai.

"Terikat figur sudah disampaikan, untuk calon gubernur dari internal PKS ada Haru Suandharu, PDIP Ono Surono, PPP ada Pepep, dan Uu (Ruzhanul)," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono; Plt Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saepul Hidayat; dan Plh Ketua DPW PKS Jabar, Iwan Suryawan bertemu di Kota Bandung pada 21 Jumat 2024.

Ketiga partai ini berencana untuk membangun koalisi di Pilkada serentak 2024. Rencana itu akan ditindaklanjuti melalui proposal yang akan dikirim ke DPP masing-masing partai.

Rekomendasi