PAN Ngaku Tak Pernah Dapat Tawaran dari Jokowi Usung Kaesang di Pilkada Jakarta

| 28 Jun 2024 17:30
PAN Ngaku Tak Pernah Dapat Tawaran dari Jokowi Usung Kaesang di Pilkada Jakarta
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku tak pernah mendengar Presiden Joko Widodo menawarkan putra bungsunya Kaesang Pangarep untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. 

"Kalau Pak Jokowi cawe-cawe, saya enggak dengar tuh. Dan Pak Jokowi enggak menawarkan (Kaesang) kemana-mana, enggak," katanya di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Sebaliknya, PAN yang meminta kepada Jokowi untuk merestui Kaesang diusung partainya sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta.

"Kalau PAN, itu PAN yang meminta," kata Yandri. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengklaim Presiden Joko Widodo menyodorkan putra bungsunya yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Menurutnya, Jokowi tak hanya menawarkan Kaesang ke satu partai politik saja, tetapi ke banyak partai.

"Sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke banyak partai politik)," kata Aboe di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Namun dia tak merinci partai mana saja yang sudah disodorkan Jokowi untuk mengusung Kaesang. Termasuk ke PKS.

"Kemana-mana," kata Aboe.

Dia tak mempermasalahkan jika seorang presiden mencampuri urusan politik. PKS, kata Aboe, sudah terbiasa dengan aksi cawe-cawe kepala negara, bahkan sudah dipraktikan sejak Pemilu 2024.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampe nanti. Biasa. Jadi enggak ada masalah biar saja," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Rekomendasi