Ilham Habibie Beberkan Kriteria Cawagub untuk Pilgub Jabar

| 29 Jun 2024 20:30
Ilham Habibie Beberkan Kriteria Cawagub untuk Pilgub Jabar
Bacagub dari Partai NasDem, Ilham Habibie saat membeberkan kriteria Cawagub (Era.id/Reza Deny)

ERA.id - Partai NasDem resmi mengusung anak Presiden ketiga RI, BJ Habibie yakni Ilham Habibie sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Barat (Jabar) di Pilkada serentak 2024.

Kini, Ilham Habibie mulai mempertimbangkan sosok yang bakal mendampingi dirinya untuk maju di kontestasi politik lima tahunan itu.

Ilham mengatakan, sosok yang paling cocok untuk mendampingi dirinya di Pilkada Jabar 2024 adalah orang Sunda. Meskipun banyak masukan kepada dirinya untuk menggandeng sosok dari kalangan artis, agamawan, dan lainnya.

"Menurut saya yang sangat penting adalah dia (calon yang akan orang sunda. Ada yang bilang ke saya artis, agama, saya kira kita lihat nanti, tapi yang jelas alangkah baiknya dia orang Sunda," kata Ilham saat ditemui di Bandung, Sabtu (29/6/2024).

Dia menambahkan, alasan mengapa Ilham memilih sosok orang Sunda karena hal tersebut merupakan modal penting. Sebab, dirinya masih harus banyak belajar terkait kultural mengenai kesundaan walaupun sudah lama tinggal di Kota Bandung. 

"Karena yang bersangkutan akan lebih mengerti hal-hal yang lebih mendalam daripada saya. Saya masih harus banyak belajar, biarpun saya sudah lama di sini tapi saya tetep saja banyak hal-hal kultural," kata dia menambahkan. 

Saat disinggung mengenai potensi dirinya menjadi Cawagub, Ilham mengaku siap. Namun, kesiapan dirinya menjadi Cawagub harus melalui proses di internal Partai NasDem.

"Kalau itu adalah hasil dari proses, saya siap. Saya kira dalam hal itu ya yang penting menang," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengungkapkan alasan partainya memberikan rekomendasi kepada Ilham Habibie maju di Pilgub Jabar 2024.

Dia menegaskan, alasannya bukan sekedar Ilham adalah putra sulung Presiden ketiga RI BJ Habibie. Meskipun keluarga besar Partai NasDem memiliki kedekatan dengan keluarga Habibie.

"Tentu bagi kita tidak hanya sekadar mencalonkan anda dengan latar belakang hubungan kedekatan antara keluarga besar NasDem dengan orang tua kita anggap selama ini sebagai sahabat, yaitu bapak almarhum BJ Habibie," kata Surya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Rekomendasi