Jokowi: Saya Tidak Pernah Sodorkan Kaesang ke Partai!

| 04 Jul 2024 10:40
Jokowi: Saya Tidak Pernah Sodorkan Kaesang ke Partai!
Presiden Joko Widodo dan Kaesang Pangarep. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo membantah kabar dirinya menyodorkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsunya, Kaesang Pangarep ke sejumlah partai politik untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan usai pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

"Saya tidak pernah menyodorkan kepada siapa pun, kepada partai juga tidak pernah. Tanyakan ke partai-partai," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/7/2024).

Dia menegaskan, dirinya bukan ketua umum apalagi pemilik partai politik. Mantan wali kota Solo itu tak mau mencampuri urusan pilkada yang merupakan kewenangan partai politik.

"Urusan pilkada itu urusannya partai politik. Urusan mencalonkan itu juga urusan partai politik. Saya bukan ketua partai, saya bukan pemilik partai, jadi jangan tanyakan kepada saya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengklaim Presiden Joko Widodo menyodorkan putra bungsunya yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Menurutnya, Jokowi tak hanya menawarkan Kaesang ke satu partai politik saja, tetapi ke banyak partai.

"Sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke banyak partai politik)," kata Aboe di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Namun dia tak merinci partai mana saja yang sudah disodorkan Jokowi untuk mengusung Kaesang. Termasuk ke PKS.

"Kemana-mana," kata Aboe.

Rekomendasi