Jelang Penutupan Pendaftaran Capim KPK, Johanis Tanak Berencana Maju Lagi

| 15 Jul 2024 20:46
Jelang Penutupan Pendaftaran Capim KPK, Johanis Tanak Berencana Maju Lagi
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johanis Tanak. (ERA.id/Flori Anastasia).

ERA.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johanis Tanak berencana untuk maju kembali sebagai pimpinan lembaga antirasuah periode 2024-2029. Ia menyebut, bakal mendaftar pada hari ini, Senin (15/7).

“Teman-teman Pimpinan KPK menghendaki saya ikut seleksi capim KPK,” kata Johanis saat dikonfirmasi, Senin (15/7/2024). 

Johanis menjelaskan, alasan para koleganya memberi dukungan karena dia baru sekali menjabat. Sehingga dia diharap bisa kembali maju di periode mendatang.

“Karena saya baru sekali itu (ikut) seleksi,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Johanis mengatakan, dirinya akan segera merapikan berkas yang diperlukan untuk mendaftar. Harapannya, dia bisa mendaftar sebelum Pansel Capim dan Dewan Pengawas KPK menutup waktu pendaftaran pada malam ini.

Selain Johanis, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga mendaftarkan dirinya kembali menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya mendaftarkan diri untuk menjadi Capim KPK untuk periode 2024-2029," kata Ghufron dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, ada juga dari pihak internal yang mendaftar sebagai capim KPK, yakni Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Adapun pendaftaran Capim dan calon Dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu sejak 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Pendaftaran akan ditutup pada hari ini pukul 24.00 WIB.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPR RI.

Rekomendasi