Kompak Dengan Golkar, Gerindra Duetkan Bupati Asahan Jadi Pendamping Bobby di Pilgub Sumut 2024

| 16 Jul 2024 19:00
Kompak Dengan Golkar, Gerindra Duetkan Bupati Asahan Jadi Pendamping Bobby di Pilgub Sumut 2024
Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah bersama Bacalon Gubernur Sumut, Bobby Nasution dan kader senior Golkar yang juga Bupati Asahan, Surya. (Instagram/musa_rajekshah)

ERA.id - Partai Gerindra menyatakan mengusung Bobby Nasution dengan Bupati Asahan, Surya sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024. Adapun Surya merupakan kader Partai Golkar.

"Yang kita putuskan adalah saudara Bobby Nasution dengan Surya, Bupati Asahan. Ya (sama dengan Golkar)," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Dia menambahkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selalu memonitor situasi dan kondisi di setiap provinsi, kabupaten, dan kota sebelum memutuskan siapa calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024.

"Pak Prabowo juga selalu mendengar apa kata tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh profesi, dan tokoh-tokoh di daerah tentang siapa yang layak untuk memimpin menjadi calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, serta wakil wali kota," kata Muzani.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar menyodorkan kadernya untuk diusung menjadi wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) mendampingi Bobby Nasution pada kontestasi Pemilihan Gubernur Sumut 2024. Sosok tersebut adalah Bupati Asahan, Surya, yang merupakan kader Golkar sejak 1978.

Penetapan ini diumumkan Golkar Sumut dihadapan seluruh Caleg terpilih hasil Pemilu 2024 akan menjadi anggota Fraksi Golkar di DPRD Sumut dan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumut dan Bacalon Kepala Daerah diusung dan didukung partai Golkar di Pilkada Serentak 2024 di JW Hotel Marriott Medan, Senin (15/7).

Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, mengatakan, penunjukan Surya untuk menjadi pendamping Bobby Nasution di Pilgub Sumut, selain kader sendiri juga politik yang sangat matang.

“Kenapa Pak Surya? Karena kami melihat Pak Surya adalah kader tulen Partai Golkar sudah lama dari tahun 1978," sebut pria yang akrab disapa Ijeck itu.

Hal lain, lanjut Ijeck, secara birokrasi Surya sangat berpengalaman di pemerintahan baik jadi Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Asahan. Sehingga, Surya akan saling mengisi dengan Bobby Nasution saat memimpin Pemprov Sumut.

“Lalu, beliau (Pak Surya) juga sudah di pemerintahan baik jadi wakil bupati dan bupati. Dengan umurnya seperti sekarang ini sudah sangat matang. Beliau juga bersedia karena tidak maju di Pilkada Asahan,” jelas Ijeck.

Rekomendasi